Kamis, 21 April 2016

[Review] You Had Me At "HELLO" by Indah Hanaco

Edit Posted by with No comments

You Had Me At "Hello" by Indah Hanaco
Paperback360 pages
Published August 15th 2015 by Elex Media Komputindo
ISBN : 9786020270050
Edition Language : Indonesian

[SINOPSIS]
Inanna mungkin masih terlalu muda untuk membuka pintu yang membawanya pada pernikahan. Namun berbagai kecerobohan membuat gadis itu tidak punya pilihan. Inanna memilih menghabiskan sisa hidupnya bersama Alistair.

Cinta berhadir begitu dia menantang mata sewarna biru es itu. Harapan dilambungkan ke langit, sutau saat nanti inanna bisa bukankah mereka terikat sumpah di depan tuhan?

Tapi apa jadinya saat inanna tahu kalau Alistair cuma menganggapnya wujud kepingan masa lalu? Percayalah, cinta takkan pernah semenyenangkan itu.

[REVIEW]
Rekoor !! Ini mah rekooor banget saya. Saking hausnya membaca. Maklum selama sebulan lebih ga pegang atau nyium buku baru. Terus kepikiran, eh kenapa tidak pinjam buku saja? Akhirnya saya pinjam buku tapi secara elektronik. #Cihuyyy 

Kali ini yang saya baca buku dari karya Kak Indah Hanaco. Salah satu penulis Indonesia yang saya kagumi juga. You Had Me At Hello yang karena kepanjangan lebih baik saya singkat menjadi YHMH (noted : jangan dibaca Yam*h* ya !) Penasaran isi ceritanya karena melihat Covernya yang cantik banget. 

Buku ini diawali dengan Prolog atau pembuka dimana situasi tiba-tiba seorang gadis yang bernama Ina ini mempertanyakan keinginan lelaki ini. Hal itu cukup membuat saya bingung sebenarnya. Hanya saja saya maklum karena namanya juga Prolog. Memasuki lembar berikut saya diperkenalkan dengan tokoh utama sang gadis yang bernama Inanna atau Ina. Nama yang cukup jarang saya dengan meskipun "Ina" sendiri sering terdengar. Ina ini memiliki seorang kembaran. Hanya saja fokus cerita pada Ina ya. Karakter Ina sendiri seorang gadis yang tomboy dan keras kepala. Kalau saya bilang manja dan egois. Hanya ia tipe gadis mandiri yang saya acungi jempol.

Karena sesuatu sebab (masalah besar) Ina dan kembarannya akan dijodohkan oleh sang Ayah. Jelas sajalah Ina menolak mati-matian apalagi mengingat sifatnya yang keras kepala. Namun karena takut ayahnya mengusir Ina akhirnya gadis itu menerima permintaan sang ayah dengan berat hati. Nama pria itu Martin. Mulanya saya berpikir Martin'lah sang hero. Namun ternyata pandangan itu berubah ketika tanpa sengaja Ina menabrak sebuah mobil di jalan (note : iyalah di jalan ! Masa di laooot). Dari sanalah Ina bertemu dengan Alistair. Yang lagi-lagi nama ini jarang saya jumpai.

Karakter Alistair ini menurut saya kurang kuat. Diawal ia terkesan misterius, pendiam dan kaku. Namun ketika pertengahan cerita ia digambarkan selalu tertawa dan begitu cerewet. Ina yang pada awalnya dijodohkan pada Martin pada akhirnya memilih Alistair. Siapa yang tidak mau dengan pemuda yang digambarkan sebagai sosok tampan bermata biru ? Alasan Ina memilih Alistair sendiri adalah karena ia menghindari Martin. Martin digambarkan bukan sosok ideal sebagai suami meski berprofesi sebagai dokter.

Yang membuat saya sebenarnya sedikit bosan dari buku ini adalah terlalu panjangnya narasi dan penjelasan tanpa diselingi dialog. Lebih baik dengan dialog karena hal tersebut entah mengapa membuat pembaca menjadi lebih nyaman. Mungkin diselingi dengan beberapa joke sehingga tidak merasa bosan. Selain itu saya cukup kesal dengan perjalanan cinta Ina. Ina yang terkenal tomboy tapi menjadi sangat penakut ketika ia menikah. Hal tersebut membuat saya sedikit mengerutkan kening. Di sini pula adegan romansa antara Alistair dan Ina sama sekali tidak dipublish dengan detail. Jadi membuat saya sebagai pembaca semakin bingung. Sama sekali tidak dapat feelnya. 

Belum lagi ditambah kecemburuan Alistair yang kurang beralasan menurut saya. Sedikit kurang masuk akal. Lalu ketika Ina menemukan kenyataan dibalik alasan mengapa Alistair menerima perjodohannya dengan Ina, Ina menjadi meledak-ledak. Bahkan ia tidak mau memaafkan Alistair. Cara ia marahpun menurut saya sedikit aneh. Alasannya pun kurang kuat menurut saya. Jika cinta mengapa ia tidak mendengar alasan terlebih dahulu dari sang lelaki? Cinta itu butuh pengorbanan. Lalu Alistair sendiri mengapa tidak berusaha lebih keras untuk menjelaskan? Karakter yang kurang kuat dari kedua tokoh membuat jalan cerita menjadi kurang menarik (Maaf Kak Indah). 

Di YHMH juga saya menemukan beberapa kalimat yang terlalu sering diulang oleh sang tokoh dan hal tersebut membuat saya semakin mengernyitkan dahi. Meski begitu karya romantisme ini layak dibaca untuk para teenager. Karena sama sekali tanpa adegan mesra (konotasi : seksual) bahkan hanya sebatas cium pipi saja. Meski saya heran mengapa cium pipi bisa menyebabkan kehamilan? Oh Oh Oh.

Lalu untuk konflik sendiri sedikit amburadul kalau menurut saya. Dan hanya sebatas angin lalu. Semacam cameo yang datang sepuluh menit. Seperti kehadiran Martin ketika mereka sudah menikah dan itu bisa dihitung dengan jari namun kemudian disebut-sebut dalam pertengkaran Ina dan Alistair. Lalu kembalinya masa lalu Alistair yang menurut saya hanya angin yang berhembus dua kali. Bahkan tidak sempat member penjelasan pada Ina. Meski begitu untuk penggemar tema pernikahan menurut saya mungkin menyukai genre yang seperti ini.

Story : 2/5
Romance : 3/5
Character : 3/5
Conflict : 3/5

Recommended? Maybe?

0 komentar: