Kamis, 03 November 2016

[REVIEW] Dimi Is Married by Retni S.B

Edit Posted by with No comments

Dimi is Married by Retni S.B
ISBN : 9789792262773
[SINOPSIS]
Walaupun belum lama mengenal Garda, Dimi yakin perkawinannya dengan lelaki itu akan berjalan baik. Dan Garda memang tampil layaknya suami idaman. Baik hati, penuh perhatian, keren, romantis, dan selalu memenuhi segala kebutuhannya, lahir-batin. Padahal mereka berdua menikah karena perjodohan cara kilat. Dimi merasa beruntung menjadi Cinderella abad ini.

Tapi kemunculan Donna yang tiba-tiba sungguh telah menjungkir- balikkan harapan dan mimpi-mimpi Dimi. Ternyata model jelita itu pacar Garda.

Dimi baru sadar, Garda tak pernah memperkenalkan dirinya ke lingkungan lelaki itu. Garda juga tak pernah menuntut macam-macam dari dirinya sebagai istri. Bahkan Garda tak pernah melarang aktivitas apa pun yang dilakukan Dimi. Dimi jadi berpikir: cintakah lelaki itu kepadanya?

Kalau Garda tak pernah bisa mencintai dirinya, lalu untuk apa cowok itu menerima perjodohan yang ditawarkan orangtua masing-masing? Toh dia tampan, kaya, sukses... sehingga dengan mudah mendapatkan perempuan mana pun yang diinginkannya...

Rencana apa yang sebetulnya sedang dilakukan Garda?


[REVIEW]

Garda Hutama, seorang pewaris dari perusahaan besar bernama Pulp and Paper. Tampan, kaya, berpendidikan, modis, semua ada pada lelaki berusia tiga puluh satu tahun itu. Hal itu membuat Garda yang sangat menyadari kelebihan dirinya memanfaatkannya menjadi seorang playboy. Tak jarang dirinya bergonta ganti wanita dan membuat para wanita yang jatuh hati padanya menjadi retak seketika. Sampai sang ayah bosan melihat tingkah laku anak sulungnya yang tidak berubah. Akhirnya sang ayah, pemilik sesungguhnya Pulp and Paper meminta Garda untuk menikah. Bukan hanya itu, Garda harus menikahi gadis pilihan ayahnya.

Dimi adalah anak dari sahabat ayahnya. Benar-benar bukan tipe Garda sama sekali, yang cantik, modis bagaikan model atau cantik seperti artis-artis yang kerap mengisi layar kaca. Dimi gadis mungil yang tidak terlihat berusia dua puluh tiga tahun. perkejaannya sebagai seorang jurnalis membuat gadis itu tidak terlalu memikirkan penampilan. Tapi demi mendapatkan statu "pewaris sah", Garda berani menerima tantangan sang ayah untuk menikahi gadis itu.

Awal pernikahannya dengan Dimi masih tampak manis dan romantis. Namun sikap Garda yang bertingkah bagaikan bak malaikat lambat laun membuat Dimi merasakan kejanggalan. Garda berusaha memenuhi kebutuhannya secara materi, tidak melarangnya pergi kemana saja maupun bergaul dengan pria lain. Hingga seorang gadis yang dideskripsikan bagaikan malaikat muncul dalam kehidupan mereka. Donna, model yang berhijrah ke Prancis itu kembali ke Indonesia untuk mengejar Garda. Kemunculan Donna, membuat rahasia Garda yang sedari awal hanya memanfaatkan Dimi untuk tujuannya terbongkar.

Dimi yang merasa sakit hati, terlebih ia sudah terlanjur jatuh cinta pada pria itu, akhirnya memilih pergi lebih dulu dan meminta Garda menceraikannya.Garda tidak langsung mengabulkannya maupun mengejar Dimi, hingga tiga bulan lamanya. Hal itu berlanjut hingga Dimi dikabarkan menghilang.

Ini kali ketiga saya membaca karya Retni S.B. Untuk Pink Project serta My Partner saya acungi jempol. Tapi untuk Dimi is Married ini justru sebaliknya. Sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang orang pertama yang berarti 'aku-an'. Seharusnya saya mampu mendapat feel mendalam akan perasaan Garda serta Dimi. Namun justru sebaliknya. Pertama kali saya membaca sudut pandang Garda, saya sudah merasa bosan. Karena mungkin Retni ingin menonjolkan kenarsisan Garda yang akan membuat pembaca terkekeh. tapi hal itu sedikit gagal untuk saya. Saya merasa kenarsisan Garda memuakkan hingga sejujurnya saya malas membacanya. tapi rasa penasaranlah yang lagi-lagi membuat saya membaca hingga tuntas.

Cerita ini terlalu bertele-tele. Asmara yang tumbuh antara Garda dan Dimi kurang dieksplore hingga ke akarnya. Beberapa kejanggalan namapak dalam cerita ini. Contohnya saja, ketika Donna yang menangis nangis karena ditinggal Garda. Padahal digambarkan Donna itu wanita licik yang mampu membuat lawannya ciut. Tapi justru Donna menggunakan kekerasan yang membuat saya mengertukan kening. Kemudian seakan masalah Donna berhenti dan terlupakan sampai di situ. Sedangkan dideskripsikan Donna akan terus mengejar Garda.

Kemudian perpindahan tempat kerja Dimi dari redaksi majalah ke stasiun TV hanya di deskripsikan secara klise. Seperti membalik telur di wajan yang panas. Bukan hanya itu, Garda yang ditinggal Dimi seakan tak ada usahanya untuk menunjukkan rasa cintanya pada Dimi. Sedikit kesal saya pada karakter Garda ini. Ditambah endingnya yang membuat saya menganga. Inti permasalahannya adalah Garda yang tidak mau mempublikasikan statusnya sebagai suami, namun di akhir cerita mereka hanya berbaikan akibat Garda yang hampir diserang harimau (sedikit lucu harimau bisa diselipkan dalam cerita ini) tanpa ada klarifikasi apapun. yang mengetahui Dimi istrinya paling-paling hanya teman se-kru Dimi.

Banyak plot kosong atau hole plot dalam Dimi is Married. Hal itu membuat penilaian saya terhadap karya Retni satu ini cukup rendah. :)

Story : 2/5
Romance : 3/5
Conflict : 3/5

0 komentar: